q Pengertian
Visualisasi
Informasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk
penampilan suatu system informasi. Visualisasi dalam bentuk gambar baik yang
bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia.
Contohnya struktur tree dan grafik
q Prinsip Visualisasi
1.
Fokus
pada konten
2.
Perbandingan
3.
Integritas
4.
Resolusi
tinggi
5.
Utilisasi
konsep terdahulu dan teruji melewati waktu.
q Tujuan Visualisasi
1.
Mengekspor
Mengeksplor
sebuah gambar untuk mengetahui lebih dalam informasi yang tersirat didalamnya
2.
Menghitung
Menghitung
sebuah gambaran dalam hal perhitungan apapun yang terdapat dalam gambar
3.
Menyampaikan
Menyampaikan
informasi yang ada dalam gambar tersebut.
q Dukungan Komputer Dalam Proses Visualisasi Informasi
1.
Menyimpan Data Komputer.
Komputer
memungkinan teknik penyimpnan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara
konvensional (menggunakan kertas). Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital
2.
Proses Komputasi.
Komputer
dapat meningkatkan kecepatan akses pada data digital yang tersimpan untuk
keperluan eksplorasi.
3.
Penyajian Informasi.
Komputer
memungkinkan penyajian informasi ke dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan
dengan keinginan.
q Teknik Visualisasi Informasi
1.
Pengumpulan Jumlah
Mengakumulasikan
elemen individual ke dalam sebuah unit yang lebih besar untuk menghadirkannya
seperti sesuatu yang utuh atau lengkap
2. Overview dan Detail
Menyediakan baik tinjauan global
maupun kemampuan detail zooming
3.
Fokus dan Konteks
Menunjukkan detail dari satu atau lebih daerah di dalam sebuah
konteks global yang lebih besar
4.
Drill – Down
Memilih item
individual atau set yang lebih kecil dari sebuah tampilan untuk sebuah pendapat detail atau analisis
5.
Brushing
Memilih atau
menunjuk / menspesifikasikan nilai ,
kemudian melihat item yang tepat di
tempat lain pada tampilan
Hirarki Visualisasi
Hierarki
visualisasi merupakan urutan dari item – item dimana item tertentu merupakan
induk atau moyang dari item lainnya.
Contoh
system berkas
q Bentuk – bentuk hierarki
visualisasi antara lain:
- Tree ( Pohon )
Akar berada di puncak, daun – daun
berada di paling bawah ( dasar )
- Ide lain (Alternativ)
•
Cheops,
Hiperbolik dan Pohon Kerucut
- Representasi isi ruang / Treemap
Audio dan agent
AUDIO
Audio
sering disebut sebagai media komunikasi. Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik
digunakan untuk membawa unsur bunyi. Contohnya pada radio dan televisi.
Audio
terbagi 2 yaitu :
1.
Audio
Speech
Specch
dalam interface berguna untuk keadaan : Tangan user sibuk, mata user harus
memperhatikan sesuatu kondisi yang tidak memungkinkan menggunakan keyboard.
2.
Audio
Non Speech
Audio
Non Speech digunakan sebagai alarm dan warning, atau status information.
Penampilan informasi yang redundan dapat meningkatkan kinerja user. Contohnya, user dapat mengingat suara yang
mencerminkan icon tertentu, tapi bukan tampilan visualnya.
Perbedaan speech dan non-speech:
Speech
User
harus mendengarkan keseluruhan kalimat sebelum mengerti maksudnya, sehingga
membutuhkan waktu yang panjang.
Non – speech
Dapat
diasosiasikan dengan kejadian khusus, dan waktu yang dibutuhkan lebih pendek
AGENT
Agents
adalah segala sesuatu yang dapat melihat, mengartikan, mengetahui (perceiving)
linkungannya melalui alat sensor (sensors) dan bertindak (acting) melalui alat
aktuator (actuators)
•
Manusia
sebagai agent : mata, telinga dan organ lainnya sebagai sensors; tangan, kaki,
mulut dan bagian tubuh lainnya sebagai actuators
•
Robot
sebagai agent : kamera dan pejejak infra merah sebagai sensors; berbagai motor
pengerak sebagai actuators
•
Software
sebagai agent : tekanan pada keyboard, isi file dan paket-paket pada jaringan
sebagai masukan sensors; tampilan pada layar, penulisan file dan pengiriman
paket jaringan sebagai keluaran actuators
Tipe – Tipe Agent
a.
Goal
- based
Tujuan - tujuan tertentu dapat dicapai
dengan cara-cara berbeda.
b. Utility – based
Agent
membutuhkan tujuan untuk mengetahui situasi mana yang diharapkan. Akan menjadi
sulit ketika urutan yang panjang dari tindakan tindakan
(actions) dibutuhkan untuk mencari tujuan.
(actions) dibutuhkan untuk mencari tujuan.
c.
Learning
Semua
program-program agent terdahulu mendeskripsikan
metode untuk memilih tindakan-tindakan (actions).
metode untuk memilih tindakan-tindakan (actions).
USER
INTERFACE AGENT
Agent
membantu user dalam penggunaan interface. Jenis-jenis agent antara lain:
- Manipulasi langsung. User memulai tindakan dan menggunakan agent secara langsung.
- Manajemen tidak langsung. Proses kerja sama dimana manusia dan komputer bersama-sama memulai tindakan.
Personal
assistant merupakan agent yang termasuk autonomous agent yang membantu user
untuk menyelesaikan tugas. Sifat personal assistant antara lain:
- Tingkatannya bisa diubah
- Menggunakan petunjuk
- Menggunakan inisiatif
0 komentar:
Posting Komentar