Interaksi
Merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk
antara user dan komputer (dalam bidang teknologi) melalui unit masukan dan
keluaran interface.
Interaksi membantu manusia, apa yang terjadi
antara user dan sistem komputer. Sistem
interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem
yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna
(user interface).
Manusia
Merupakan pengguna yang memakai komputer (user),
dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan
& kemampuan dalam menggunakan computer. Manusia dipandang sebagai sistem
yang memproses informasi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut :
- Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses masukan-keluaran (IO)
- Informasi disimpan didalam ingatan (memory)
- Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.
Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi
pada manusia merupakan suatu vision (pandangan), dan alat fisik yang digunakan
untuk hal tersebut adalah mata.
Komputer
Perangkat elektronik yang dapat digunakan
untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan
informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.
Pengertian
Interaksi Manusia dan Komputer
• Interaksi
Manusia dan komputer
merupakan komunikasi dua
arah antara pengguna (user)
dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan
tertentu.
• Interaksi
manusia dan komputer merupakan
disiplin ilmu yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem
komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,beserta studi
tentang faktor-faktor utama
dalam lingkungan interaksinya.”
(ACM SIGCHI,1992,p.6)
Prinsip
Kerja Sistem Komputer
• User
memberi perintah pada
komputer & komputer
mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
• Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg
diberikan oleh pengguna.
Latar Belakang IMK
•
Mengapa diperlukan konsep IMK?
–
Sisi Kegunaan
Contoh :
Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan
tombol REFRESH atau EXIT
- Sisi Kemudahan
Contoh :
Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di
lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam
bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.
- Sisi Ketepatan
Contoh :
pemilihan struktur menu yang kurang tepat dapat mengurangi kinerja sistem
ataupun pengguna
* Single Menu
* Linier Menu
* Struktur Tree
* Struktur Cyclic Network.
* Struktur Acyclic Network
- Sisi
Penampilan
Menariknya
tampilan suatu sistem dari sisi developer dengan user tidak selalu sama.
Tujuan IMK
- Menghasilkan sistem yang dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), dan mudah dioperasikan oleh user (user friendly).
- Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan.
- Keamanan, apakah sistem yang kita buat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
- Efektifitas dan efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik
- Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan user.
Antar
Muka Pengguna
- Merupakan bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem
- Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka pengguna
- Prinsip sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran ( Input, Process, Output )
- Sebuah sistem antarmuka pengguna memiliki peranti masukan (seperti keyboard, mouse, dan media input lainnya), peranti keluaran (seperti monitor, printer), masukan dari pengguna (seperti garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan hasil yang dikeluarkan oleh komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan).
Yang
diperhatikan dalam pembuatan User Interface
• Dilihat dari kebutuhan user
• Analisa dari sistem analis
• Kreativitas dari pembuat sistem
Interface Seperti Apa yang
Diinginkan Oleh User???
a.Interface
harus user-friendly, yaitu :
- Tampilan yang bagus/menarik
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- User merasa nyaman dan senang menggunakan software tersebut
b.Antarmuka
yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering
ditiru.
c.Suatu
antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh
atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui
sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
d.Interface
mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang disesuaikan
dengan penggunanya.
e.Interface
harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user
f.Interface memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user
dapat terpenuhi.
Yang
terlibat dalam IMK
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
- Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
- Psikologi,memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
- Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt digunakan sbg sarana yg cukup efektif utk dialog antara manusia dan komputer
- Ergonomik, aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
- Antropologi, utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
- Linguistik, utk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus; spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
- Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.
0 komentar:
Posting Komentar