Selasa, 02 Desember 2014

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Interaksi
Merupakan hubungan yang terjadi atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi) melalui unit masukan dan keluaran interface.
Interaksi membantu manusia, apa yang terjadi antara user dan sistem komputer.  Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).



Manusia
Merupakan pengguna yang memakai komputer (user), dimana setiap user memiliki perbedaan karakteristik sesuai dengan kebutuhan & kemampuan dalam menggunakan computer. Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut :
  1. Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses masukan-keluaran (IO)
  2. Informasi disimpan didalam ingatan (memory)
  3. Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.
Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu vision (pandangan), dan alat fisik yang digunakan untuk hal tersebut adalah mata.

Komputer
Perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
  Interaksi  Manusia  dan  komputer  merupakan  komunikasi  dua  arah  antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  Interaksi  manusia dan komputer  merupakan disiplin ilmu yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,beserta  studi  tentang  faktor-faktor  utama  dalam  lingkungan interaksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)

Prinsip Kerja Sistem Komputer
User  memberi  perintah  pada  komputer  &  komputer  mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.

Latar Belakang IMK
   Mengapa diperlukan konsep IMK?
     Sisi Kegunaan
     Contoh : Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan tombol REFRESH atau EXIT
-  Sisi Kemudahan
Contoh : Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.
     -  Sisi Ketepatan
   Contoh : pemilihan struktur menu yang kurang tepat dapat mengurangi kinerja sistem ataupun pengguna
* Single Menu 
* Linier Menu 
* Struktur Tree 
          * Struktur Cyclic Network.
* Struktur Acyclic Network
     -   Sisi Penampilan
    Menariknya tampilan suatu sistem dari sisi developer dengan   user tidak selalu sama.

Tujuan IMK
  1. Menghasilkan sistem yang dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), dan mudah dioperasikan oleh user (user friendly).
  2. Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan.
  3. Keamanan, apakah sistem yang kita buat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
  4. Efektifitas dan efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik
  5. Untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang diperlukan user.

Antar Muka Pengguna
  • Merupakan bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem
  • Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka pengguna
  • Prinsip sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran ( Input, Process, Output )
  • Sebuah sistem antarmuka pengguna memiliki peranti masukan (seperti keyboard, mouse, dan media input lainnya), peranti keluaran (seperti monitor, printer), masukan dari pengguna (seperti garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan hasil yang dikeluarkan oleh komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan).

Yang diperhatikan dalam pembuatan User Interface
  Dilihat dari kebutuhan user
  Analisa dari sistem analis
  Kreativitas dari pembuat sistem

Interface Seperti Apa yang Diinginkan Oleh User???
a.Interface harus user-friendly, yaitu :
  • Tampilan yang bagus/menarik
  • Mudah dioperasikan
  • Mudah dipelajari
  • User merasa nyaman dan senang menggunakan software tersebut
b.Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
c.Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
d.Interface mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang disesuaikan dengan penggunanya.
e.Interface harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user
f.Interface memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user dapat terpenuhi.

Yang terlibat dalam IMK
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
  • Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
  • Psikologi,memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
  • Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt digunakan sbg  sarana yg cukup efektif utk dialog antara manusia dan komputer
  • Ergonomik, aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
  •  Antropologi, utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
  • Linguistik, utk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus; spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
  • Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.

0 komentar:

Posting Komentar